Profil Lembaga

Print
Category: LPPM
Written by Super User

Pengelolaan kegiatan penelitian dan Pengabdian masyarakat di Akademi Keperawatan Muhammadiyah Cirebon menjadi tanggung jawab Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dibentuk pada tanggal 20 Juni 2014 yang ditetapkan oleh SK Direktur Akper Muhammadiyah Cirebon nomor: 027/I.3/Kep/D/Akp/2014 tentang pembentukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akper Muhammadiyah Cirebon. Selanjutnya pada tanggal yang sama, Direktur Akper Muhammadiyah Cirebon menerbitkan SK no. 28/II.3.AU/Kep./D/Akp./2014, tentang pengangkatan Ketua dan Personalia Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang terdiri atas Penanggung Jawab, Ketua dan Sekretaris. Menimbang bahwa dalam perkembangannya, pelaksanaan kerja LPPM harus ditunjang dengan teknologi informatika, maka dilakukan perubahan struktur LPPM. Berdasarkan SK Direktur Akper Muh. No: 046/II.3.AU/Kep./D/Akp./2016 tentang Pengangkatan Ketua dan Personalia LPPM Akper, dalam struktur tersebut ditambahkan pelaksana teknologi informasi.

Surat Keputusan Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 122/KEP/I.3/D/2016, tentang Statuta Akper Muh Cirebon tanggal 23 Juni 2016, pasal 30 ayat 1, menetapkan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) adalah unsur pelaksana akademik yang bertugas mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat serta ikut berperan dalam mengendalikan administrasi sumber daya penelitian dan pengabdian masyarakat.

Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Direktur nomor: 014/II.3.AU/Kep/A/Akp/2017 tentang Rencana Strategis Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akper Muhammadiyah Cirebon menetapkan kebijakan pengelolaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai berikut :

  1. LPPM mengelola penelitian dan pengabdian masyarakat yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan dan evaluasi serta pelaporan kegiatan penelitian. 
  2. LPPM menyusun dan mengembangkan rencana program penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan Renstra PPM (Rencana Strategis Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). 
  3. LPPM menyusun dan mengembangkan peraturan, panduan dan sistem penjaminan mutu internal penelitian dan pengabdian masyarakat. 
  4. LPPM memfasilitasi pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat, melaksanakan pemantauan dan evaluasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. 
  5. LPPM memfasilitasi peningkatan kemampuan peneliti untuk melaksanakan penelitian melakukan, diseminasi hasil penelitian, penulisan artikel ilmiah dan pengabdian masyarakat.
  6. LPPM memberikan penghargaan kepada peneliti dan pelaksana pengabdian masyarakat yang berprestasi sebagai salah satu bentuk pemberian motivasi kepada dosen untuk senantiasa melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Berdasarkan SK Direktur no.022/II.3.AU/Kep./A/AKP./2018 tentang penetapan standart penjaminan mutu internal Akper Muhammadiyah, menetapkan bahwa tugas LPPM terkait dengan pengelolaan penelitian Akper Muh Cirebon adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun dan mengembangkan rencana program penelitian pengabdian masyarakat sesuai Visi dan Misi AKPER Muhammadiyah Cirebon.
  2. Menyusun dan mengembangkan peraturan panduan dan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat.
  4. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Melakukan desiminasi hasil penelitian dan hasil kegiatan pengabdian masyarakat.
  6. Memfasilitasi peningkatan kemampuan peneliti dan pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat.
  7. Memfasilitasi pelaksana pengabdian masyarakat dan peneliti dalam penulisan artikel ilmiah, dan perolehan kekayaan intelektual.
  8. Memberikan penghargaan kepada peneliti dan pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat yang berprestasi.
  9. Melaporkan hasil kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat kepada pihak pemberi dana, dan pihak-pihak lain yang terkait.

STRUKTUR ORGANISASI